Mulai tahun depan, seluruh warga negara Indonesia (WNI) baik yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ataupun yang tak memiliki NPWP akan bebas biaya fiskal perjalanan ke luar negeri.

Hal ini disampaikan oleh Direktur P2 Humas Ditjen Pajak Iqbal Alamsjah kepada detikFinance, Senin (25/10/2010).

“Ini telah termuat dalam UU Pajak Penghasilan (PPh) ayat 8A tahun 2010,” jelasnya.

Sebelumnya di tahun ini, dalam UU PPh, baru WNI yang memilik NPWP yang bebas membayar fiskal ke luar negeri sebesar Rp 1 juta. Tujuan aturan ini adalah untuk merangsang masyarakat memiliki NPWP.

Di tahun ini, dengan pembebasan pembayaran fiskal bagi WNI yang memiliki NPWP, Ditjen Pajak berpotensi kehilangan penerimaan sebesar Rp 39,5 miliar. Untuk menutupi potensi tersebut, Ditjen Pajak akan menggenjot program ekstensifikasi dan intensifikasi.

“Akan berusaha untuk itu intensifikasi dan ekstensifikasi. Kita imbau membayar pajak dengan baik dan benar,” tegasnya.

Sumber: detikfinance.com

4 Comments to “Mulai 2011, Tak Punya NPWP juga Bebas Fiskal”

  • JM says:

    Mohon pencerahan?
    Apakah peraturan bebas fiskal ini masih berlangsung sampai sekarang? atau masih harus punya NPWP untuk bebas fiskal luar negeri?
    Thanks

  • Aulia Amin says:

    Saya seorang penyandang cacat yang hidup di panti sosial rehabilitasi milik pemerintah. saya dapat undangan dari teman yang di jepang untuk study banding mengenai pola rehabilitasi penyandang cacat yang ada di negara mereka. bagaimana yah cara nya agar saya bebas fiskal, karena saya tidak memiliki NPWP. Mohon bantuannya yah

  • ruspito says:

    mau nanya kalau pegawai gaji dari 2 pemberi kerja dan memiliki formulir 1771-A1 dua (2) sudah lunas hutang pph 21 nya tapi kalau digabung di formulir 1771- S kok jadi kurang bayar ? karena pengaruh PTKP ? bagaimana Bossss

  • Ade says:

    Wah, ini baru berita yang menggembirakan. ini betul-betul meringankan masyrakat. kan tidak semua masyarakat yang berpergian ke luar negeri itu orang kaya. Terimakasih Pemerintah, semoga dengan gebrakan baru ini dapat menggeliatkan economi pariwisata kita.

  • Leave a Reply for “Mulai 2011, Tak Punya NPWP juga Bebas Fiskal”

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.