Permudah Penyampaian SPT, Ditjen Pajak Sebar “Drop Box”

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyebar drop box (kotak penyerahan) SPT tahunan pajak di 207 lokasi strategis wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Direktur Pelayanan, Penyuluhan, dan Humas Ditjen Pajak Djoko Surjoputro di Jakarta, Selasa (31/3), menyebutkan, penyebaran drop box itu untuk mengantisipasi membludaknya penyampaian SPT oleh wajib pajak (WP). “Untuk mempermudah penyerahan SPT, Ditjen Pajak meletakkan sejumlah drop box di 207 lokasi strategis di Jabodetabek,” kata Djoko.

Penyebaran drop box itu termasuk juga di beberapa mal di Jakarta, seperti Plaza Semanggi, Grand Indonesia, dan Senayan City.

Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Terpadu Jakarta di Jalan Ridwan Rais terdapat enam drop box, masing-masing di KPP Pratama Menteng Dua, KPP Madya Jaktim, KPP Madya Jakpus, KPPB Madya Jaksel, KPP Madya Jakbar, dan KPP Madya Jakut.

Ditjen Pajak memperkirakan, puncak penyerahan SPT tahunan pajak akan terjadi pada hari ini bersamaan dengan hari terakhir penyerahan SPT, yaitu 31 Maret.

Untuk mengantisipasi puncak penyerahan SPT pada hari ini, beberapa KPP pada 31 Maret ini akan buka hingga malam hari, seperti KPP Pratama Jakarta Menteng Dua, Jalan Ridwan Rais, yang akan dibuka hingga pukul 19.00.

Ditjen Pajak hanya menargetkan perolehan SPT sekitar 35 persen dari total WP yang terdaftar sekitar 12,7 juta.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan di KPP di Jalan Matraman, Jakarta Timur, dan KPP di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, pada Selasa pagi, WP tampak ramai melakukan penyerahan SPT tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. (PPh OP). Meskipun demikian, tidak terjadi antrean panjang penyerahan SPT di dua KPP itu.

Sumber: www.kompas.com

Leave a Reply for “Permudah Penyampaian SPT, Ditjen Pajak Sebar “Drop Box””

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.